Proposal dan Proses Pelatihan Komputer bagi Guru SDN Mlawang 01 Klakah Tahun 2013
A. LATAR
BELAKANG KEGIATAN PELATIHAN
Pesatnya perkembangan teknologi
komputer dan informasi
baik secara hardware maupun
software, membuat guru sebagai
seorang pendidik harus dapat menyikapinya
dengan bijak. Salah satu
bentuk penyikapan yang
lazim adalah dengan
memilah dan memilih software
manakah yang layak
digunakan guna mendukung
proses pembelajaran maupun
kegiatan pendukungnya. Perkembangan software
yang pesat dan beragam membuat
guru-guru di sekolah mengalami kesulitan dalam memahami software apakah
yang paling tepat dimanfaatkan
dalam pembelajaran, atau
dalam kegiatan administrasi yang mendukung proses
pembelajaran.
Guru sebenarnya dapat mengekplorasi fitur-fitur software yang
sudah biasa digunakan (user friendly). Permasalahannya, guru
belum memaksimalkan penggunaan fitur-fitur software
yang ada. Hal ini dapat
dilihat dari belum dimanfaatkannya teknologi komputer dalam pelaksanaan tugas
sehari-hari, sebagai contoh untuk proses pembelajaran misalnya untuk membuat
media pembelajaran sederhana berbasis komputer, dalam proses administrasi sekolah atau administrasi nilai, banyak guru masih menggunakan metode konvensional yang
berupa paper-based administration. Padahal dengan menggunakan komputer proses
administrasi dapat dilaksanakan secara cepat dan efisien serta dapat
meminimalisir kesalahan pendataan dan perhitungan.
Permasalahan-permasalahan tersebut sangat tidak mendukung terwujudnya
citra guru sebagai seorang yang
profesional. Seharusnya guru dapat memanfaatkan software yang telah
dikenal baik dan biasa mereka gunakan untuk dioptimalkan pemanfaatannya dalam kegiatan pembelajaran. Keterbatasan
kemampuan tersebut sangat
dimungkinkan dikarenakan keterbatasan
pelatihan yang dapat diikuti oleh guru sekolah dasar. Oleh karena
itu perlu diselenggarakan pelatihan
yang didasarkan kepada kebutuhan guru-guru
di sekolah yang telah diidentifikasi sebelumnya
diharapkan dapat menjadi salah
satu alternatif penyelesaian permasalahan tersebut. Melalui kegiatan tersebut,
diharapkan dapat meningkatkan keprofesionalan guru dalam melaksanakan proses
belajar mengajar.
B. TUJUAN
DAN MANFAAT KEGIATAN PELATIHAN
Kegiatan pelatihan
komputer yang diselenggarakan bertujuan
untuk :
1) Meningkatkan pengetahuan guru
sekolah dasar dalam
hal pemanfaatan software
yang telah dikenal untuk
kegiatan pembelajaran;
2) Meningkatkan keprofesionalan guru sekolah dasar dalam hal penguasaan
komputer;
3) Meningkatkan
mutu proses pembelajaran
dan proses yang
terkait yang dilakukan
oleh guru sekolah dasar.
Beberapa manfaat
yang diharapkan setelah berlangsungnya kegiatan pelatihan ini adalah:
1) Peserta
pelatihan diharapkan dapat memanfaatkan software komputer
yang telah dikenal
untuk membuat media
pembelajaran sederhana;
2) Peserta
pelatihan dapat mengoptimalkan software komputer yang telah
dikenal guna kegiatan
pengadministrasian;
3) Peserta pelatihan termotivasi untuk lebih
memanfaatkan penggunaan software komputer yang telah dikenal untuk
meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan administrasi
pendidikan.
C. HASIL
YANG DIHARAPKAN
Penguasaan
ketrampilan menggunakan komputer
dikategorikan dalam beberapa
bagian, antara lain :
1)
Penguasaan sistem operasi komputer, contohnya Windows
2)
Pengolahan
dokumen, contoh: Microsoft Word
3)
Pengolahan
data administrasi, contoh: Microsoft
Excel
4)
Pembuatan media
pembelajaran, contoh: Microsoft
Power point
5)
Pengeksplorasian internet: browsing, searching, email dan blogging.
D. METODE
KEGIATAN PELATIHAN
Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan menggunakan
metode praktek pelatihan
dan diskusi-konsultasi. Penguasaan ketrampilan komputer dikategorikan
dalam pendukung proses pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, pengolahan
dokumen, pengolahan data administrasi, dan pengeksplorasian internet. Secara
rinci metode yang dilakukan adalah sebagai berikut:
1) Penjelasan
diberikan kepada peserta dalam hal pengeksplorasian lebih dalam terhadap pengoperasian
sistem operasi Windows dan fitur-fitur
perangkat lunak bantu yang dapat digunakan untuk pengolahan dokumen
menggunakan Microsoft Word,
administrasi nilai
menggunakan Microsoft Excel dan
membuat media pembelajaran
sederhana dengan menggunakan Microsoft Power Point.
2) Penjelasan disertai langsung dengan praktek pelatihan pengorganisasian
windows, pengolahan dokumen,
administrasi pengolahan nilai dan pembuatan media pembelajaran sederhana.
3) Penjelasan disertai
praktek dilakukan untuk
memberikan wawasan kepada peserta
tentang pencarian informasi yang efektif dengan menggunakan tip dan trik
pencarian dalam mesin pencari. Selain itu, eksplorasi situs Internet yang dapat
digunakan untuk mendukung
pembelajaran di sekolah.
4) Selama
pelatihan peserta difasilitasi dalam melakukan diskusi-konsultasi untuk
membahas permasalahan yang timbul dalam
pengolahan dokumen, administrasi nilai
dan pembuatan media pembelajaran sederhana.
5) Pada
akhir pelatihan, diedarkan angket
evaluasi untuk mengetahui kepuasan peserta terhadap pelatihan
yang diselenggarakan dan
menjaring saran-saran untuk
tindak lanjut pelatihan.
E. PELAKSANAAN
KEGIATAN PELATIHAN
Kegiatan
pelatihan dilaksanakan di SD Negeri Mlawang 01 Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang dalam 15
kali pertemuan dengan durasi waktu 90 menit.
Jadi total keseluruhan pelaksanaan kegiatan pelatihan adalah 22,5 jam
efektif. Selama pelatihan dilaksanakan kegiatan tutorial, praktek pelatihan dan
diskusi-konsultasi dengan peserta pelatihan.
Konsultasi dilakukan guna
memaksimalkan hasil yang
dapat diperoleh peserta yang mempunyai tingkat penguasaan
komputer yang berbeda-beda.
Dalam pelaksanaan pelatihan, diadakan pengekplorasian fitur-fitur dalam software yang
telah dikenal guru
yaitu software dalam kelompok
Microsoft Office untuk
mengakomodasi kebutuhan guru. Selama ini, software-software tersebut
sebenarnya secara umum telah biasa digunakan
oleh guru, hanya
mungkin kurang dimaksimalkan pemanfaatannya.
Secara garis besar pelaksanaan pelatihan adalah, pertama, sesi materi optimalisasi
fitur Microsoft Word untuk pendukung proses pembelajaran, peserta
pelatihan diajak untuk mengeksplorasi fasilitas menu-menu utama dalam
pengetikan dan pengeditan naskan dokumen, pengetikan surat dan laporan dalam
bentuk tabel sederhana, serta latihan pengetikan naskah untuk soal ujian paper-based.
Kedua adalah sesi
materi pengolahan data administrasi menggunakan
Microsoft Excel yang digunakan untuk mengeksplorasi
cara memasukkan data nilai siswa, menjumlah, mencari rata-rata,
membuat ranking nilai
dan menggunakan fungsi
referensi vlookup dan hlookup
untuk memaksimalkan pembuatan laporan hasil belajar siswa dengan
menggunakan tabel yang telah dibuat serta melakukan rekapitulasi data sebagai
laporan akhir.
Ketiga adalah sesi
pemanfaatan Microsoft Power Point sebagai sarana pembuatan media
pembelajaran di sekolah dasar
diperkaya dengan penyampaian teknik mengatur background, obyek drawing, pengaturan
4 kategori animasi, transisi
slide dan pemanfaatan trigger
dan hyperlink.
Keempat adalah
sesi eksplorasi internet. Berbagai tip
dan trik menggunakan mesin pencari di internet
seperti Yahoo.com dan Google.com untuk
pencarian informasi sumber
belajar yang dapat
dimanfaatkan dan dieksploritasi
oleh guru-guru sekolah dasar guna mendukung proses pembelajaran di sekolah.
Salah satunya adalah situs pembelajaran www.edukasi.net. Materi berikutnya adalah
pengoperasian email dan blog yang dimulai dari proses pembuatan sampai pada
penggunaan kedua fasilitas internet tersebut.
F. PROSES KEGIATAN PELATIHAN
Menurut bapak Jumiran selaku Kepala Sekolah SD Negeri Mlawang 01 pelatihan komputer ini dilaksanakan guna menyambut pelaksanaan kurikulum 2013 yang mengharuskan semua guru untuk tidak gaptek dan mampu mengoperasikan komputer dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Pelatihan akan dilaksanakan
tiap hari Sabtu yang dimulai dari jam 11.00 WIB hingga jam 12.30 WIB. Kegiatan ini diapresiasi dengan baik oleh guru-guru di SDN Mlawang 01. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan perdana yang dilaksanakan pada tanggal 23 Nopember 2013.
http://adf.ly/r19PY
terima kasih mohn izin gunakan etc
BalasHapusTerima Kaih telah berbagi artikelnya sangat membantu, izin copas ya.
BalasHapus